Skip to main content

Kepiting

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Budidaya Ikan - Kepiting - Kepiting adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda, Subordo Pleocyemata, dan infraordo Brachyura, yang umumnya dicirikan dengan adanya tonjolon "ekor" yang sangat pendek (Latin: brachys = pendek, οura = ekor), atau denngan ciri bab abdomen yang mengecil yang seluruhnya terlindung di bawah thorax.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Tubuh kepiting umumnya dilindungi oleh cangkang luar (eksoskeleton) yang tebal, dan mempunyai sepasang senjata berupa cakar tunggal (chelae). Kepiting sanggup ditemukan di seluruh lautan di dunia, sedangkan kepiting yang hidup di air tawar atau darat, kebanyakan hidup di kawasan tropis. Kepiting sanggup ditemukan dalam aneka macam ukuran, mulai dari kepiting kacang (pea crab) yang mempunyai ukuran lebar hanya beberapa milimeter saja, hingga dengan kepiting laba-laba Jepang, yang mempunyai rentangan kaki hingga dengan 4 meter.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Sekitar 850 spesies kepiting yaitu kepiting air tawar, kepiting darat atau kepiting semi-terestrial, mereka sanggup ditemukan di seluruh wilayah tropis maupun sub-tropis.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Fosil kepiting pertama yang pernah ditemukan diduga berasal dari masa Jurassic. Spesies Carboniferous imocaris yang meskipun hanya dikenali dari karapas-nya, diduga merupakan kepiting prasejarah. Radiasi fosil kepiting yang ditemukan berasal dari jaman batuan kapur (Cretaceous) dan jaman sesudahnya diduga ada kaitannya dengan masa terpecahnya pecahan bumi selatan (Gondwana) atau radiasi dari fosil ikan bertulang, yang merupakan predator utama kepiting.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Kepiting seringkali memperlihatkan gejala seksual dimorfisme. Kepiting jantan seringkali mempunyai cakar yang lebih besar, suatu kecenderungan yang sering terjadi pada kepiting Uca (Fiddler Crab) genus Ocypodidae. Kepiting Uca jantan mempunyai satu cakar yang tumbuh sangat besar, yang dipakai untuk berkomunikasi, khususnya untuk menarik perhatian kepiting betina. Perbedaan lain yang mencolok yaitu bentuk perut (pleon). Pada hampir semua kepiting Uca jantan mempunyai pleon yang sempit dan berbentuk segitiga, sementara pada kepiting betina mempunyai pleon yang lebih lebar dan berbentuk bulat. Hal ini memperlihatkan bahwa kepiting betina mengerami telur-telurnya yang telah dibuahi di pleopod.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Kepiting biasanya berjalan dengan arah menyamping. Hal ini dikarenakan sendi-sendi kaki kepiting yang hanya memungkinkan cara berjalan kepiting yang lebih efisien ke arah samping. Tetapi terdapat pula beberapa jenis kepiting yang berjalan dengan arah maju ataupun mundur, misalnya beberapa kepiting yang termasuk family Raninidae: Libinia emarginata dan Mictyris platycheles. Beberapa jenis kepiting, menyerupai family Portunidae dan Matutidae, juga mempunyai kemampuan berenang.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Hampir semua kepiting merupakan binatang yang aktif dengan pola tingkah-laku yang kompleks. Kepiting-kepiting sanggup berkomunikasi dengan cara memukul-mukul atau melambai-lambaikan capit mereka. Kepiting cenderung bersifat garang terhadap kepiting-kepiting lainnya dan kepiting-kepiting jantan seringkali tabrak hanya untuk memperebutkan kepiting betina. Kadang pula kepiting saling tabrak untuk memperebutkan lubang perlindungan, berupa kawasan karang berbatu, gua-gua dan celah-celah di kawasan lepas pantai.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Kepiting adalah binatang omnivora. Makanan utama kepiting berupa ganggang, selain sanggup pula memakan kuliner lainnya berupa moluska, cacing, jamur, bakteri, detritus dan jenis krustasea lainnya, tergantung pada spesies kepiting dan ketersediaan makanan. Bagi kebanyakan kepiting, gabungan kuliner berupa nabati dan hewani menghasilkan pertumbuhan dan kesehatan yang paling baik.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Kepiting diketahui mempunyai sifat bekerja sama dalam menyediakan kuliner dan pinjaman bagi keluarga mereka, dan selama ekspresi dominan pemijahan kepiting-kepiting jantan akan mencarikan lokasi yang nyaman bagi kepiting-kepiting betina untuk melepaskan telur-telur mereka.

adalah binatang golongan krustasea yang termasuk ke dalam ordo Decapoda Kepiting

Berdasarkan data, diketahui bahwa kepiting memperlihatkan bantuan sebanyak 20% dari semua jenis krustasea laut, baik berupa hasil tangkapan, budidaya, maupun yang dikonsumsi di seluruh dunia. Volume tersebut mencapai sekitar 1 ½ juta ton per tahun. Seperlima dari jumlah tersebut berasal dari spesies Portunus trituberculatus. Jenis-jenis kepiting lainnya yang mempunyai nilai irit penting yaitu Portunus pelagicus, beberapa spesies dalam genus Chionoecetes, kepiting biru (Callinectes sapidus), Charybdis spp., Cancer pagurus, kepiting Dungeness (Metacarcinus magister) dan kepiting bakau (Scylla serrata), yang masing-masing jenis sanggup menghasilkan produk lebih dari 20.000 ton setiap tahun .

Popular posts from this blog

Budidaya Udang Galah

A. PENDAHULUAN   Udang galah ( Macrobrachium rosendergii, de Man) atau juga dikenal dengan Giant Tiger Prawn termasuk golongan krustase dari famili Palaemonidae, merupakan jenis yang terbesar ukurannya dibandingkan udang-udang air tawar lainnya. Udang yang diklaim merupakan udang orisinil oleh India dan Indonesia ini merupakan salah satu jenis udang yang semakin terkenal alasannya rasanya yang lezat, ukurannya cukup besar, dan gampang dibudidayakan. Menu dari udang ini umumnya dalam bentuk utuh (komplit dengan kepala atau head-on ); berbeda dengan jenis udang lain yang sering disajikan dalam bentuk tanpa kepala ( headless ). Mengapa demikian, bukan tanpa alasan; rupanya pada penggalan kepala itulah ada kandungan steroid, yang bermanfaat meningkatkna kebugaran tubuh kita. Kepopuleran di negeri kita diawali dengan dibukanya rumah makan khusus udang galah oleh Mang Engking di Sleman, Yogyakarta, di lahan budidaya udangnya. Dimulainya perjuangan rumah makan khusus udang galah itu

Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan - Ikan Air Tawar - Ikan air tawar ialah jenis ikan yang menjalani sebagian atau seluruh siklus hidupnya di habitat air tawar . Habitat air tawar yang banyak didiami oleh ikan-ikan air tawar ialah sungai, danau, lebak, lebung, dan rawa-rawa atau habitat lainnya yang digolongkan perairan tawar dengan kadar garam di bawah 0,5ppt. Berdasarkan sifat fisika kimianya, habitat air tawar mempunyai perbedaan dengan habitat perairan lau t, terutama dalam hal kadar garam (salinitas). Ikan air tawar beradaptasi secara fisiologis terhadap perbedaan tekanan osmosis badan dan perairan tawar dengan mengatur keseimbangan konsentrasi elektrolit di dalam tubuhnya. Sebagaimana diketahui bahwa kurang lebih 41% spesies ikan ialah ikan air tawar . Hal ini dikarenakan spesiasi (proses evolusi dimana spesies biologis gres muncul) ikan air tawar yang cepat yang mengakibatkan perairan tawar yang terpencar-pencar menjadi habitat yang sanggup didiami. Dalam beberapa aspek fisiologis ikan ai

Kapal Cumi Indonesia

KAPAL CUMI INDONESIA - Kapal sebagai sarana penangkapan ikan di desain sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan sasaran tangkapan yang sesuia. Seperti halnya kapal cumi maka pembuatannya harus di sesuaikan dengan bagaimana teladan pengoperasian alat tangkap cumi. KAPAL CUMI INDONESIA gambar kapal cumi Alat Tangkap Cumi Untuk menangkap cumi Menggunakan Pancing dan Teknologi yang paling modern dalam menangkap cumi dengan Jigling. Pancing cumi-cumi аdаlаh pancing уаng memiliki bentuk atau kontruksi уаng khusus уаng berlainan dеngаn bentuk-bentuk pancing lainnya. Bentuk pancing cumi-cumi іnі menyerupai cakar keliling dan bertingkat-tingkat.  Pada bab аtаѕ pancing dan dеmіkіаn јugа dі bab bawahnya dі beri lubang (mata) уаng gunanya untuk mengikatkan tali pancing. Pancing cumi-cumi іnі diikat secara berantai dalam satu utas tali уаng dі hubungkan mеlаluі lubang bab аtаѕ dan bаwаh pancing. Makara tіdаk membuat cabang-cabang menyerupai pada pancing tangan.  Dеngаn dеmіkіаn