Skip to main content

Bagaimana Cara Memijahkan Ikan Baung

ikan baung. Langkah-langkah tersebut adalah:
  1. Membedakan induk ikan baung jantan dan betina
  2. Pematangan gonad
  3. Seleksi induk
  4. Penyuntikan hormon
  5. Pemijahan

1. Membedakan induk jantan dan betina
  • Ciri-ciri induk ikan baung jantan dan betina ialah sebagai berikut:
    • Induk betina : tubuh lebih pendek, memiliki dua lubang kelamin berbentuk bulat
    • Induk jantan : tubuh lebih panjang, memiliki satu lubang kelamin berbentuk memanjang
2. Pematangan Gonad
  • Pematangan gonad dilakukan di kolam dengan air yang mengalir secara kontinyu. Kepadatan tebar induk di kolam ialah sebanyak 0,2 – 0,5 kg/m2. Setiap hari induk diberikan pakan pellet sebanyak 3 – 4% berat tubuh setiap hari.
3. Selesi Induk
  • Seleksi induk bertujuan untuk mendapat induk dengan kematangan gonad yang siap dipijahkan.
  • Induk betina yang matang gonad ditandai dengan perut yang membesar (buncit) dan terasa lembut apabila diraba. Bila perut induk diurut akan keluar telur berbentuk bundar utuh berwarna kecoklatan.
  • Induk jantan yang sudah siap dipijahkan ditandai dengan warna tubuh dan alat kelaminnya yang agak kemerahan.
4. Penyuntikan Hormon
Penyuntikan hormon
  • Induk ikan betina disuntik dengan ovaprim sebanyak 0,6 ml/kg berat tubuh (BB) sedangkan induk jantan dengan ovaprim sebanyak 0,5 ml/kg BB.
  • Penyuntikan dilakukan sebanyak dua kali dengan selang waktu 12 jam. Setiap penyuntikan sebanyak ½ takaran total penyuntikan.
  • Penyuntikan dilakukan di bab punggung ikan.
5. Pemijahan
  1. Bila ikan dipijahkan secara alami, maka induk jantan dan betina yang telah disuntik disatukan di dalam kolam yang telah diberi ijuk, kemudian ikan dibiarkan memijah sendiri.
  2. Bila akan dilakukan stripping, maka pengurutan dilakukan 6 – 8 jam sesudah penyuntikan hormon ke-2.
    • Tahapan pekerjaan apabila dilakukan stripping:
      1. Menyiapkan sperma:
      2. Ambil kantong sperma dari induk jantan dengan membedah bab perut.
      3. Gunting kantong sperma dan keluarkan.
      4. Tampung cairan sperma di dalam gelas yang sudah diisi dengan larutan NaCl 0,9% sebanyak ½ bab gelas.
      5. Aduk hingga merata.
      6. Apabila larutan terlalu pekat, tambahkan NaCl hingga larutan berwarna putih susu dan cukup encer.
    Stripping induk ikan baung
    • Siapkan induk betina yang akan dikeluarkan telurnya.
    • Urut/pijat bab perut ke arah lubang kelamin sehingga telur keluar.
    • Tampung telur di dalam mangkuk plastik higienis dan kering.
    • Masukkan larutan sperma bertahap dan aduk hingga merata.
    • Agar terjadi pembuahan, tambahkan air higienis dan aduk secara merata sehingga proses pembuahan sanggup berlangsung dengan baik.
    • Tambahkan lagi air untuk mencuci telur dari darah, kemudian air dibuang.
    • Agar bersih, lakukan pembersihan sebanyak 2 – 3 kali.
    • Masukkan telur yang telah higienis ke dalam akuarium penetasan berisi air bersih.
    • Cara memasukkan telur ke dalam akuarium: gunakan bulu ayam untuk mengambil telur, kemudian sebarkan ke seluruh permukaan akuarium semoga merata.
    • Dalam waktu 36 jam telur akan menetas dan larva yang dihasilkan dipindahkan ke dalam akuarium pemeliharaan larva.
    • Setelah larva berumur 2 hari, larva diberikan pakan kutu air (Moina atau Daphnia) atau cacing sutra (Tubifex) yang sudah dicincang sebelumnya.
    • Setelah larva berumur 4 hari, larva diberi pakan cacing sutra hingga berumur tujuh hari.

Popular posts from this blog

Budidaya Udang Galah

A. PENDAHULUAN   Udang galah ( Macrobrachium rosendergii, de Man) atau juga dikenal dengan Giant Tiger Prawn termasuk golongan krustase dari famili Palaemonidae, merupakan jenis yang terbesar ukurannya dibandingkan udang-udang air tawar lainnya. Udang yang diklaim merupakan udang orisinil oleh India dan Indonesia ini merupakan salah satu jenis udang yang semakin terkenal alasannya rasanya yang lezat, ukurannya cukup besar, dan gampang dibudidayakan. Menu dari udang ini umumnya dalam bentuk utuh (komplit dengan kepala atau head-on ); berbeda dengan jenis udang lain yang sering disajikan dalam bentuk tanpa kepala ( headless ). Mengapa demikian, bukan tanpa alasan; rupanya pada penggalan kepala itulah ada kandungan steroid, yang bermanfaat meningkatkna kebugaran tubuh kita. Kepopuleran di negeri kita diawali dengan dibukanya rumah makan khusus udang galah oleh Mang Engking di Sleman, Yogyakarta, di lahan budidaya udangnya. Dimulainya perjuangan rumah makan khusus udang galah itu

Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan - Ikan Air Tawar - Ikan air tawar ialah jenis ikan yang menjalani sebagian atau seluruh siklus hidupnya di habitat air tawar . Habitat air tawar yang banyak didiami oleh ikan-ikan air tawar ialah sungai, danau, lebak, lebung, dan rawa-rawa atau habitat lainnya yang digolongkan perairan tawar dengan kadar garam di bawah 0,5ppt. Berdasarkan sifat fisika kimianya, habitat air tawar mempunyai perbedaan dengan habitat perairan lau t, terutama dalam hal kadar garam (salinitas). Ikan air tawar beradaptasi secara fisiologis terhadap perbedaan tekanan osmosis badan dan perairan tawar dengan mengatur keseimbangan konsentrasi elektrolit di dalam tubuhnya. Sebagaimana diketahui bahwa kurang lebih 41% spesies ikan ialah ikan air tawar . Hal ini dikarenakan spesiasi (proses evolusi dimana spesies biologis gres muncul) ikan air tawar yang cepat yang mengakibatkan perairan tawar yang terpencar-pencar menjadi habitat yang sanggup didiami. Dalam beberapa aspek fisiologis ikan ai

Kapal Cumi Indonesia

KAPAL CUMI INDONESIA - Kapal sebagai sarana penangkapan ikan di desain sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan sasaran tangkapan yang sesuia. Seperti halnya kapal cumi maka pembuatannya harus di sesuaikan dengan bagaimana teladan pengoperasian alat tangkap cumi. KAPAL CUMI INDONESIA gambar kapal cumi Alat Tangkap Cumi Untuk menangkap cumi Menggunakan Pancing dan Teknologi yang paling modern dalam menangkap cumi dengan Jigling. Pancing cumi-cumi аdаlаh pancing уаng memiliki bentuk atau kontruksi уаng khusus уаng berlainan dеngаn bentuk-bentuk pancing lainnya. Bentuk pancing cumi-cumi іnі menyerupai cakar keliling dan bertingkat-tingkat.  Pada bab аtаѕ pancing dan dеmіkіаn јugа dі bab bawahnya dі beri lubang (mata) уаng gunanya untuk mengikatkan tali pancing. Pancing cumi-cumi іnі diikat secara berantai dalam satu utas tali уаng dі hubungkan mеlаluі lubang bab аtаѕ dan bаwаh pancing. Makara tіdаk membuat cabang-cabang menyerupai pada pancing tangan.  Dеngаn dеmіkіаn