Skip to main content

Perikanan

merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
Budidaya Ikan - Perikanan - Perikanan merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perairan. Berdasarkan Undang-Undang perihal Perikanan No. 31 tahun 2004, yang dimaksud dengan perikanan adalah setiap acara untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya perairan yang dilakukan dalam suatu sistem usaha perikanan (agribisnis perikanan / aquabusiness) dimulai dari pra-produksi, produksi, pengolahan, sampai pemasaran.

merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
Pada awalnya perikanan bertujuan untuk menyediakan sumber pangan bagi manusia, tetapi pada perkembangannya perikanan sanggup pula ditujukan untuk menghasilkan produk non-pangan dan industri. Contoh: ikan hias, olahraga atau rekreasi memancing, produk olahan ikan menyerupai minyak ikan, produk embel-embel menyerupai mutiara. Pengertian industri perikanan ialah perikanan di mana hasil produksinya tidak dimaksudkan untuk konsumsi insan secara langsung.

merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
Fokus dari perikanan pada awalnya ialah ikan, tetapi pengertian perikanan kemudian diperluas meliputi semua sumberdaya hayati perairan, menyerupai invertebrata air menyerupai kerang-kerangan, krustasea, dan echinodermata, cumi-cumi dan bahkan amfibi (katak), reptil (penyu), dan mamalia maritim (anjing maritim dan ikan paus). Di antara sumberdaya perairan yang umum tergolong moluska yang merupakan sasaran dari perikanan ialah kerang, remis, tiram, dan kijing, dan beberapa golongan cepalopoda yang sanggup dimakan, menyerupai cumi-cumi, gurita, dan sotong. Sedangkan dari golongan krustasea yang terkenal ialah udang air tawar, udang laut, lobster, kepiting, dan udang karang, dan dari golongan echinodermata, yang merupakan produk terkenal di Asia ialah teripang dan bulu babi.

merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
Usaha perikanan ialah segala perjuangan yang dilakukan baik oleh perorangan maupun tubuh perjuangan melalui penangkapan ataupun budidaya ikan, termasuk di dalamnya acara penyimpanan, pendinginan dan pengawetan ikan dengan tujuan untuk menawarkan nilai tambah (added value) produk.

Usaha perikanan terdiri dari perikanan tangkap dan perikanan budidaya:

Perikanan Tangkap:

    merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
  • Perikanan tangkap ialah acara perjuangan perikanan dengan cara menangkap atau mengumpulkan ikan dan jenis-jenis sumberdaya hayati perairan lainnya yang mempunyai nilai ekonomis.
  • Sedangkan penangkapan ikan ialah serpihan dari perikanan tangkap, merupakan acara untuk memperoleh ikan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan di perairan, dengan alat atau dengan metode penangkapan apapun.

 Perikanan Budidaya:

    merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
  • Perikanan budidaya atau dikenal juga sebagai budidaya perairan (Akuakultur) ialah perjuangan perikanan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perikanan melalui acara budidaya (aquaculture).
  • Sedangkan budidaya ikan ialah acara perjuangan perikanan yang sanggup berupa pemeliharaan, pembesaran atau pembenihan ikan yang dilakukan dalam suatu lingkungan terekayasa dan terkontrol.

merupakan suatu acara insan yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan  Perikanan
Perikanan memberikan peluang bagi insan suatu kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya hayati, baik air tawar maupun maritim untuk kepentingan kesejahteraan manusia. Akan tetapi ketika ini insan telah bisa membuat teknologi perikanan yang lebih efisien, yang dengan teknologi tersebut menimbulkan insan sanggup mengeksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan, yang sanggup menimbulkan banyak spesies perikanan yang dieksploitasi menjadi terancam punah.

Popular posts from this blog

Budidaya Udang Galah

A. PENDAHULUAN   Udang galah ( Macrobrachium rosendergii, de Man) atau juga dikenal dengan Giant Tiger Prawn termasuk golongan krustase dari famili Palaemonidae, merupakan jenis yang terbesar ukurannya dibandingkan udang-udang air tawar lainnya. Udang yang diklaim merupakan udang orisinil oleh India dan Indonesia ini merupakan salah satu jenis udang yang semakin terkenal alasannya rasanya yang lezat, ukurannya cukup besar, dan gampang dibudidayakan. Menu dari udang ini umumnya dalam bentuk utuh (komplit dengan kepala atau head-on ); berbeda dengan jenis udang lain yang sering disajikan dalam bentuk tanpa kepala ( headless ). Mengapa demikian, bukan tanpa alasan; rupanya pada penggalan kepala itulah ada kandungan steroid, yang bermanfaat meningkatkna kebugaran tubuh kita. Kepopuleran di negeri kita diawali dengan dibukanya rumah makan khusus udang galah oleh Mang Engking di Sleman, Yogyakarta, di lahan budidaya udangnya. Dimulainya perjuangan rumah makan khusus udang galah itu

Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan - Ikan Air Tawar - Ikan air tawar ialah jenis ikan yang menjalani sebagian atau seluruh siklus hidupnya di habitat air tawar . Habitat air tawar yang banyak didiami oleh ikan-ikan air tawar ialah sungai, danau, lebak, lebung, dan rawa-rawa atau habitat lainnya yang digolongkan perairan tawar dengan kadar garam di bawah 0,5ppt. Berdasarkan sifat fisika kimianya, habitat air tawar mempunyai perbedaan dengan habitat perairan lau t, terutama dalam hal kadar garam (salinitas). Ikan air tawar beradaptasi secara fisiologis terhadap perbedaan tekanan osmosis badan dan perairan tawar dengan mengatur keseimbangan konsentrasi elektrolit di dalam tubuhnya. Sebagaimana diketahui bahwa kurang lebih 41% spesies ikan ialah ikan air tawar . Hal ini dikarenakan spesiasi (proses evolusi dimana spesies biologis gres muncul) ikan air tawar yang cepat yang mengakibatkan perairan tawar yang terpencar-pencar menjadi habitat yang sanggup didiami. Dalam beberapa aspek fisiologis ikan ai

Kapal Cumi Indonesia

KAPAL CUMI INDONESIA - Kapal sebagai sarana penangkapan ikan di desain sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan sasaran tangkapan yang sesuia. Seperti halnya kapal cumi maka pembuatannya harus di sesuaikan dengan bagaimana teladan pengoperasian alat tangkap cumi. KAPAL CUMI INDONESIA gambar kapal cumi Alat Tangkap Cumi Untuk menangkap cumi Menggunakan Pancing dan Teknologi yang paling modern dalam menangkap cumi dengan Jigling. Pancing cumi-cumi аdаlаh pancing уаng memiliki bentuk atau kontruksi уаng khusus уаng berlainan dеngаn bentuk-bentuk pancing lainnya. Bentuk pancing cumi-cumi іnі menyerupai cakar keliling dan bertingkat-tingkat.  Pada bab аtаѕ pancing dan dеmіkіаn јugа dі bab bawahnya dі beri lubang (mata) уаng gunanya untuk mengikatkan tali pancing. Pancing cumi-cumi іnі diikat secara berantai dalam satu utas tali уаng dі hubungkan mеlаluі lubang bab аtаѕ dan bаwаh pancing. Makara tіdаk membuat cabang-cabang menyerupai pada pancing tangan.  Dеngаn dеmіkіаn